Menikmati Kereta Api ETS (Electric Train Service) di Malaysia

Tentang KTMB - ETS  
ETS 9204 di jalur 5 Stasiun Gemas

Electric Train Service atau yang di singkat ETS adalah Kereta Api unggulan di Malaysia untuk Rute Jarak Jauh yang berjalan di rel selebar 1 meter atau 1000mm . Pemilik operator ini adalah KTMB (Kereta Tanah Melayu Berhat) salah satu operator Kereta Api milik Pemerintah Malaysia.

Kali ini saya akan Mereview tentang Perjalanan menggunakan Kereta ini (Kali aja ada yang tertarik menaikinya hehehe :p )

Rangkaian ETS 

ETS di Malaysia dikenal ada 2 Jenis yaitu KTM Class 91 dan KTM Class 93 perbedaan keduanya dari Prabrikan 

Untuk Class 91 di buat dari Hyundai Rotem (Korea)

KTM ETS Class 91 by Hyudai Rotem



Untuk Class 93 di buat dari CSR Zhuzhou


KTM ETS Class 93 by CSR
Interior

Untuk Interior ETS Cukup Megah di dalem Kursi di buat cukup nyaman dengan bahan dari Kain dan Cukup bersih sekali daleman dari ETS.  Tapi sayangnya posisi tempat duduk sebagian menghadap arah kereta berangkat dan sebagian membelakangi sehingga kurang nyaman untuk perjalanan jarak jauh dengan posisi Kereta terbalik. Untuk Fasilitas dalem ETS ini cukup lengkap di samping ada Hiburan TV, di sini terdapat Speed dan posisi kereta berada, di samping itu ada juga Musolah untuk Shalat (Bagi Umat Muslim) dan Kereta Makanya pun cukup Bersih

TV Pentunjuk Posisi KTM

LED Rute dari ETS

Menikmati Nasi Rendang dan Air Mineral
Striping ETS Class 91

Interior ETS Class 93
Interior Class 91

Penghubung antar Rangkaian Clas 93

Striping Livery Class 93

Musholah dari Dalem ETS


Pengalaman Penulis

Saya mencoba ETS ini dua kali pertama dari Tanjung Malim ke Kuala Lumpur dan dari Gemas ke Kuala Lumpur Sentral untuk mencoba kedua jenis KTM ETS ini. Untuk merasakan kedua Kereta Unggulan dari Malaysia yang kedepanya Malaysia mengembangkan kereta ini untuk perjalan jarak jauh nya menggantikan kereta yang di tarik lokomotif. 






Demikian Pengalaman saya dalam menggunakan Layanan ETS yang merupakan kereta jarak jauh yang cukup nyaman di Negeri Jiran. Walo harga tiket layanan kereta ini cukup mahal tapi kenyamanan dalam kereta tetap terjaga :) Demikian Review saya


Komentar

  1. Semoga Indonesia bisa menyusul utk KAJJ non loko, saat ini hanya KA yang menggunakan tenaga elektrik hanya KRD/L yang berfungsi untuk mengangkut penumpang lokal.

    BalasHapus
  2. Semoga saja itu harapan saya :D pengen perkereta apian kita lebih baik heheehe

    BalasHapus
  3. gak ada kereta langsung lagi ya dari jb sentral ke kuala lumpur?

    BalasHapus
  4. Sekarang uda gak ada terakhir cuman KA Senandung Sutera maaf baru buka blog

    BalasHapus
  5. Ada 7 tahun saya jadi tki di singapura akhirnya impian saya tercapai untuk pulang ke indonesia,terima kasih MBAH SERO atas bantuannya,saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga di kampung,karna melalui jalan togel sekarang saya bisa sukses,ini semua berkat bantuan MBAH SERO yang memberikan angka 4d bocoran singapura,alhamdulillah dapat 250 juta,saya sangat bersyukur kebun orang tua yang dulunya di gadai buat biaya saya untuk berangkat kesingapura,kini sudah saya tebus kembali,tanpa bantuan beliau mungkin belum bisa saya pulang kampung,terima kasih banyak MBAH SERO jasa-jasamu tidak akan saya lupakan,bagi saudarah2 di indonesia maupun di luar negeri butuh bantuan,apalagi yang terlilit hutang silahkan tlpn atau sms di nomor 082 370 357 999 atas nama MBAH SERO,beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberkan hasil,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya,inilah kisah nyata dari saya ibu irma tki singapura..

    BalasHapus

Posting Komentar